Sabtu, 05 Juli 2014

CARA AGAR SUARA MERDU SAAT QIRO'AH

Semua orang pasti ingin mempunyai suara yang merdu,apalagi bagi qori' lovers ni pastinya suara merdu adalah modal yang sangat dibutuhkan ketika qiro'ah Tapi bagaimana kalo suara anda gak merdu?? Wah, punya hobi qiro'ah tapi suaranya kurang merdu setidaknya akan mengurangi keindahan anda ber qiro'ah. Jangan khawatir, karena kali ini kita akan membahas sama-sama supaya suara kita menjadi merdu.
CARA  AGAR SUARA MERDU SAAT QIRO'AH

Banyak info di internet bilang kalo ingin mempunyai suara merdu bisa mengunakan obat ramuan tradisional ini:

1. Siapkan 2 buah jeruk nipis, kapur sirih, garam, madu asli.
2. Pertama potong jeruk nipis menjadi dua bagian, peras dan ambil airnya.
3. Lalu campur dengan kapur sirih sedikit aja, dan garam seujung kuku.
4. Dan terakhir, masukan satu sendok makan madu asli, dan aduklah hinga rata.
5. Kemudian ramuan tersebut diminum sampe habis.

- Lakukan cara ini satu kali seminggu, sehingga dalem 1 bulan suara anda bisa jadi merdu, dan yang udah mempunyai suara merdu akan menjadi lebih merdu. Jika ingin suara merdu anda terpelihara, lakukan cara ini 2 kali sebulan agar suara anda merdu dan awet. (saya belum pernah mencoba jadi saya kurang tau apa ini berhasil apa gak, tapi kalo udah ada yang pernah nyoba, silahkan komen dan beritahu gimana hasilnya....)

Info berikut ini saya dapet bayangan disini. Jika anda ingin suara anda terawat, ada beberapa tips untuk merawat suara anda, yaitu:

1. Banyak minum air putih. Pita suara kita bergetar dengan kecepatan tinggi, dan banyak minum membuat pita suara tetap basah. Kalo kering nanti suaranya bisa serak. Makan buah yang mengandung kadar air tinggi juga bisa, seperti apel, pear, anggur, semangka, melon dll.

2. Hindari alkohol dan kafein.

3. Jangan terlalu banyak ngomong, suara kita juga perlu istirahat.

4. Jangan merokok. Kalo anda suka merokok tapi ingin menjadi penyanyi, segeralah berhenti. Karena rokok dapet menyebabkan kanker dan membuat iritasi pita suara.

5. Biarkan otot leher dan tenggorokanmu rileks meskipun sedang menyanyi nada tinggi atau rendah. Beberapa penyanyi mengangkat kepala ketika menyanyikan nada tinggi dan menunduk jika menyanyi nada rendah, untuk menghindari tegangan yang berlebih pada otot. Jika terjadi tegangan berlebih untuk waktu yang lama bisa menyebabkan turunnya jangkauan nada suara.

6. Jangan menyalahgunakan suara anda, contohnya dengan berteriak, berbicara terlalu keras dll. Karena ini membuat suara kita jadi serak, dan serak ini maksudnya pita suara kita mengalali iritasi.

7. Ketika sakit hemat suara. Jadi misalnya anda lagi sakit demam, infeksi, batuk, pilek, sakit tenggorokan atau serak, sebaiknya jangan bernyanyi dulu karena ini akan memperlama masa penyembuhan anda dan suara anda malah bertambah serak.

8. Gunakan suara dengan baik. Saat anda berbicara harus hati2 jangan sampe kena luka, perhatikan cara bicara agar terhindar dari iritasi suara. Juga ketika berbicara kepada kelompok besar diluar gedung pertimbangkan penggunaan pengeras suara. Berbicara keras tanpa pengeras suara bisa menyebabkan ketegangan yang berlebihan pada otot suara. Jadi lebih baik pergunakan pengeras suara.

9. Lembabkan udara rumah dan ruang kerjamu. Kelembaban udara baik untuk suaramu.


Sebelum menyanyi sebaiknya melakukan pemanansan dulu, seperti:

1. Lakukan senam mulut dan lidah dipagi hari untuk pernafasan sikulasi yang baik. Bisa dilakukan di toilet, di kamar, tempat kerja dll.

2. Lakukan humming atau cooing dipagi hari untuk pemanasan suara.

3. Jikla ingin melakukan aktivitas suara yang kompleks atau pemanasan suara yang kompleks, sebaiknya melakukan pemanasan suara yang sederhana seperti do, re, mi, fa, sol, la, si do........diulang2.

4. lakukan pemansan beberapa kali dalam sehari untuk menghindari ketegangan otot leher, bahu dan rahang.

5. Setelah selesai latihan atau beraktivitas suara, lakukan pendinginan yang caranya serupa dengan pemanasan.

Sekarang anda udah tau tips dan trik membuat dan menjaga suara merdu. Tapi saya mempunyai cara sendiri supaya suara kita bisa merdu. Mau tau?? kalo pengen tau silahkan baca lebih lanjut.

Cara yang saya lakukan agar suara saya merdu sangatlah sederhana, caranya adalah dengan meminum madu asli minimal 1 kali sehari dan maksimal 3 kali sehari. Selain meminum madu setiap hari, latih juga suara anda dengan mendengar lagu favorit anda dan ikut bernyanyi. Pertama-tama suaranya memang masih kurang, tapi kalo anda udah sering melatihnya, maka suara anda akan merdu dan memiliki ciri khas tersendiri.

saya ambil dari:http://www.zimbio.com/member/aap1295/articles/KiLGXy2wnmF/Cara+Supaya+Suara+Merdu 

4 komentar:

Recent Posts